MANTRA SUKABUMI Berikut adalah kunci jawapan untuk ujian akhir PPG 2025 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai pada pembelajaran independen.
Berikut adalah soal dan kunci jawaban untuk Post Test FPPN 2 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai. Bahan ini bisa digunakan oleh para guru yang terdaftar dalam program PPG pada tahun 2025 melalui platform Ruang GTK.
Terdapat 5 pertanyaan pada Post Test FPPN 2 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai.
Untuk para guru penyertai PPG 2025 yang menemui kesulitan saat mengerjakan soal-soal tertentu, boleh merujuk pada kunci jawaban Post Test FPPN 2 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai di bagian artikel ini sebagai panduan.
Kuncian dari Post Test FPPN 2 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai adalah sebagai berikut: 'Pada saat ulangan matematika, Pak Andi memberikan izin kepada murid-muridnya untuk menggunakan kalkulator guna mendukung perhitungan mereka.'
Namun, Pak Andi menyadari bahwa murid-muridnya tidak hanya mengandalkan kalkulator, tapi juga memakai Kecerdasan Buatan (KB).
Berikut adalah kunci jawaban untuk post test FPPN 2 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai di Program PPG tahun 2025.
1. Bapak Ilmo merupakan guru bahasa Indonesia di suatu sekolah menengah pertama. Ketika ada ulangan, seorang muridnya bernama Febi tiba terlambat dan tak bisa mengumpulkan semua jawabannya dikarenakan habisnya waktu. Febi menjelaskan pada Bapak Ilmo bahwa dia telat lantaran perlu merawat ibu kandungnya yang tengah dalam kondisi sakit.
Selanjutnya, ia meminta pada Pak Ilmo supaya diberi kesempatan ekstra untuk bisa mengatasi semua pertanyaan tersebut. Pak Ilmo menyadari bahwa kesehatan sang ibu benar-benar tidak baik dan sangat memerlukan perhatian serta dukungan dari Febi.
Akan tetapi, memberikan batas waktu ekstra hanya pada Febi bisa diartikan sebagai ketidakadilan terhadap murid-murid lain yang telah mematuhi peraturan dan menuntaskan ujiannya tepat waktu. Apabila berada dalam situasi tersebut, langkah apa yang akan Anda ambil jika menjadi Pak Ilmo?
A. Membebaskan Febi dari batasan waktu, meski demikian Anda masih mengingatkannya bahwa dia membuat Anda perlu menyediakan waktu ekstra untuk menantunya.
B. Mengizinkan Febi untuk memiliki lebih banyak waktu karena menurut Anda itu penting
menyediakan empati dan mengatur kembali aturan sesuai dengan kondisi yang dialami oleh murid-murid tersebut.
C. Membebaskan Febi dari tenggat waktu sementara karena Anda sudah familiar dengannya dan menyadari bahwa dia mempunyai semangat belajar yang kuat.
Diberikanlah Febi kesempatan ekstra bila dia bisa memperlihatkan bukti yang nyata tentang keterlamabtannya tersebut, dan aturan ini juga diterapkan pada orang lain.
Memberikan Febi waktu ekstra, namun hanya untuk pertanyaan-pertanyaan yang belum diselesaikannya, serta memastikan bahwa langkah ini tidak menguntungkan dirinya sendiri atau merugikan peserta lainnya.
Jawaban: D
2. Guru kelas 4 SD bernama Rina tengah mengevaluasi pekerjaan rumah mata pelajaran Bahasa Indonesia dari murid-muridnya. Di saat ia mencermati sektor essay, dia mendapati bahwa dua buah lembar kerja siswa terlihat sangat serupa, sampai-sampai kalimat mereka juga hampir sama persis.
Setelah diteliti lebih lanjut, diketahui bahwa salah satu murid telah curang selama ujian. Nyonya Rina berniat untuk mengajarkan pentingnya integritas kepada para siswanya sedari awal menggunakan pendekatan yang tegas namun mendidik. Namun, ia ragu-ragu karena takut jika insiden ini digunakan sebagai pembelajaran bisa membuat penipuan itu sendiri merasa bersalah serta hilang rasa percaya dirinya. Sebaliknya, beliau pun enggan biarkan perilaku seperti itu terjadi tanpa konsekuensi apa-apa. Dalam situasi semacam ini, langkah-langkah apa saja yang harus dipertimbangkan oleh Ibu Rina?
A. Memberi penilaian sesuai fakta bersama catatan individu pada lembar jawaban tes kedua murid-murid tersebut, kemudian menyusun pembinaan karakter tentang integritas bekerja sama dengan guruBK dan wali kelas lain untuk mengatasi insiden semacam ini.
B. Membebaskan murid tersebut untuk mengikuti ulangan dengan pertanyaan yang berbeda dan mendapatkan bimbingan, kemudian melaksanakan pembahasan di kelas tentang relevansi integritas dalam aktivitas sehari-hari.
C. Mengundang masing-masing siswa secara individual untuk membahas kembali insiden itu dan agar mereka merasa penasaran dengan apa yang telah dilakukan. Sanksinya, mereka dimintai kesediaan untuk menulis introspeksi diri serta berkomitmen untuk tidak melakukan plagiarisme di kemudian hari.
D. Membantu mereka dalam menganalisis kesalahan mereka sendiri serta memberikan hukuman poin yang sesuai sehingga mereka akan berhenti melakukan pelanggaran lagi, kemudian menyusun kurikulum harian sederhana di kelas untuk mempromosikan nilai-nilai kejuaran dengan teratur.
E. Mengisahkan tentang permasalahan ketidakjujuran yang terjadi pada murid-murid saat ujian di kelas tanpa merujuk langsung kepada siapa pun, kemudian memberikan arahan soal pentingnya membentuk karakter jujur sejak usia muda serta menjaga kesadaran dari para siswa agar tidak melakukan tindak curang.
Jawaban: D
3. Pada saat peringatan hari raya agama, sejumlah wali murid mendatangi tempat tinggal Anda guna melaksanakan kunjungan silaturahmi. Di samping itu, para orang tua ini pun membawa oleh-oleh bagi Anda. Kesan terharu menyelimuti diri Anda karena sikap baik yang ditunjukkan mereka dan Anda berkeinginan untuk menerima kado tersebut sebagai ungkapan penghargaan pada wali murid-murid tersebut.
Meskipun demikian, Anda paham betul bahwa sebagai guru, menerima kado dari para siswa atau orangtua mereka bisa dikelompokkan sebagai jenis gratifikasi yang melanggar aturan dalam dunia pendidikan.
Apabila Anda tak mendapatkan hadiah itu bisa menyebabkan ketidakpuasan dari orang tua siswa. Bagaimana langkah yang akan Anda ambil dalam kasus seperti ini?
A. Menjelaskan kepada orang tua siswa mengenai konsekuensi serta bahaya jika Anda menerima pemberian dari mereka.
Menerima simbolik seperti kartu ucapan atau kerajinan tangan dari murid yang kurang bernilai secara finansial.
C. Menyampaikan pengetahuan kepada orangtua siswa sehingga mereka bisa menghentikan kebiasaan memberikan hadiah kepada guru.
D. Mengecam orang tua siswa agar tidak memberikan hadiah kepada guru karena tindakan tersebut sudah menyalahi aturan etika profesi guru.
E. menjelaskan bahwa sebagai guru, Anda memiliki tanggung jawab untuk mendidik dan tak sepatutnya orang tua siswa memberikan imbalan atau hadiah.
Jawaban: C
4. Saat pelaksanaan ujiannya di mata Pelajaran Matematika, Bapak Andi memberikan izin kepada murid-muridnya untuk menggunakan kalkulator demi mempermudah proses perhitungan mereka. Namun ternyata yang terjadi adalah para murid tak hanya bergantung pada alat tersebut, namun juga telah menyisipkan penggunaan Kecerdasan Buatan dalam kegiatan belajar mengajarnya.
Bapak Andi meratifikasi hal tersebut dengan alasan bahwa pemanfaatan AI membolehkan para murid untuk segera menerima solusi tanpa harus memahami prosesnya, yang pada gilirannya bisa mencabut tujuan utama pembelajaran bagi mereka. Meski demikian, Bapak Andi pun mengerti jika dirinya belum memberikan larangan khusus terkait pemakaian AI selama tes berlangsung; oleh karena itu ia enggan menyalahkan anak didiknya atas masalah ini.
Pada situasi seperti ini, langkah apa yang akan kamu ambil?
A. Memungkinkan siswa yang menggunakkan AI untuk mencoba kembali ujian tersebut guna memverifikasi pemahamannya tentang materi yang diujikan.
B. Mendorong agar penggunaan Al oleh siswa dilarang pada ujian mendatang untuk melindungi kejujuran dalam pendidikan serta mengembangkan kemampuan berpikir analitis para murid.
C. Menyelidiki penghalang-penghalang yang dihadapi oleh para siswa selama mengikuti ujian dan menyebabkan mereka memilih untuk menggunakan Al ketika ujian.
D. Melakukan sesi mengenai etika menggunakan AI pada saat ujian dan tugas agar mereka dapat memahami bagaimana menggunakan AI dengan bijaksana.
Mengatur petunjuk lebih rinci untuk pemeriksaan selanjutnya dengan menentukan secara khusus peralatan tambahan yang diizinkan dan yang tidak boleh digunakan.
Jawaban: D
5. Kamu merupakan seorang pendidik yang menangani kelas di salah satu institusi pendidikan di pusat kota. Seorang murid baru bernama Rudi telah bergabung dengan tim belajarmu setelah ia dan keluarganya berpindah dari daerah pedesaan ke ibukota, hal ini disebabkan oleh perubahan profesi kedua orangtuanya.
Rudi kelihatan gugup dan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan ritme perkotaan yang selalu sibuk serta dipenuhi oleh kemajuan teknologi. Di samping itu, ia pun merasa aneh dengan bahan pelajaran yang diberikan di sekolah karena tak sesuai dengan pengalamannya sebelumnya sebagai penduduk pedesaan.
Sebagai pendidik, Anda bertujuan untuk mendukung keperluan pembelajaran Rudi yang bisa jadi unik dibandingkan teman sekelasnya. Tetapi, Anda merisaukan bahwa hal itu mungkin mengganggu kesetaraan dalam menangani permintaan siswa lain. Menghadapi situasi seperti ini, langkah apa saja yang akan Anda ambil?
A. Melakukan pembelajaran tambahan khusus dengan teratur bagi Rudi untuk membantunya menyesuaikan diri lebih cepat baik dalam aspek akademis maupun sosial.
B. Memakai metode pembelajaran melalui projek (project-based learning) yang dapat disambungkan dengan pengalaman Rudi di kampung serta dengan gaya hidup kontemporer.
C. Mengajak orangtua Rudi berpartisipasi secara aktif dalam pertemuan berkala guna meningkatkan pendukung pembelajaran di rumah serta meringankan perbedaan budaya.
D. Mendorong Rudi agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan meminta dia untuk menghubungi Anda jika suatu saat dibutuhkan.
Mengundang Rudi dalam sebuah diskusi privat guna menggali latar belakang serta hambatan-hambatannya dalam proses belajar sebelum menyusun suatu strategi pengajaran yang sesuai dengannya.
Jawaban: E
Berikut adalah kunci jawaban untuk Post Test FPPN 2 Modul 3 tentang Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai di dalam program PPG 2025, mudah-mudahan berguna bagi Anda. ***
Temukan informasi terbaru di MasRizkymelalui melalui Google News dengan meng-klik link berikut: KLIK DISINI
Post a Comment