MasRizky Petunjuk untuk Menjawab Modul 1 Bab 2 tentang Membuat Rencana Pengajaran yang Bermacam-Disesuaikan, Program PGRI Khusus 2025.

Pada implementasi Program PPG bagi Guru Tertentu pada tahun 2025, salah satu komponen krusial yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta adalah Modul 1 Bab 2 yang berfokus pada Membuat Rencana Pengajaran Yang Differensiasikan.

Dalam bahasan kali ini, para peserta akan menemukan 10 pertanyaan bergaya pilihan ganda yang dapat diakses lewat Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Artikel ini disajikan sebagai rujukan yang berisi beberapa sampel jawaban untuk membantu Bapak/Ibu Guru dalam menguasai bahan pelajaran dan menuntaskan soal-soal dengan kepercayaan diri yang lebih besar.

Semoga harapan tercapai, pedoman ini menjadi referensi berharga, tidak hanya sebagai tempat mencari jawaban saja, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman secara mendalam.

Harus diingat bahwa jawaban yang termasuk dalam sumber ini tidak boleh dicopy paste secara langsung. Tujuan pokok dari panduan ini ialah untuk membantu proses belajar menjadi lebih berarti, memperkuat keterampilan profesional para guru, serta selalu menghormati standar pendidikan yang baik.

Kode Jawaban Modul 1 Bab 2 PPG 2025

1. Penerapan Kurikulum Merdeka menekankan pada suatu paradigma baru dalam proses belajar-mengajarkan, tidak bermaksud membawa konsep serta prinsip pendidikan yang sama sekali segar, tetapi lebih kepada usaha agar dapat diciptakan metode pengajaran yang berfokus pada siswa.

A. Di awal semester, sang pengajar berupaya mengenali persiapan belajar serta prestasi terdahulu para siswa untuk menentukan langkah selanjutnya.

B. Guru secara konsisten menyediakan tanggapan segera yang memacu kemampuan siswa untuk tetap mengembangkan diri dalam belajar serta mendalami lebih lanjut tentang ilmu pengetahuan.

C. Guru berperan sebagai pemandu utama dalam proses belajar dengan memakai kekuasaannya untuk menyelesaikan masalah yang muncul tanpa harus melibatkan orangtua atau guru lainnya.

Guru menerapkan beragam teknik pengajaran agar siswa dapat meningkatkan keterampilannya.

Guru harus mengukur dampak dari evaluasi formative, melihat tingkah laku para siswa, serta mendengar keluhannya agar bisa memahami kebutuhan pembelajaran mereka.

Jawaban: C

2. Seorang guru menerapkan prinsip diferensiasi dalam pengajaran, misalnya dengan menyediakan materi bacaan yang variatif sesuai dengan tingkat keterampilan membaca siswa-siswanya.

Akan tetapi, sebagian pelajar masih menghadapi kendala dalam menjangkau sasaran pendidikan. Langkah terbaik guna memecahkan masalah itu ialah....

A. Mengharapkan peserta didik yang mengalami kesulitan agar berusaha lebih giat dalam belajar

B. Menurunkan derajat kesulitan pekerjaan

C. Mengharuskan peserta didik untuk menyelesaikan tugas secara mandiri

D. Lanjutan menggunakan kurikulum yang sudah disusun

E. Memperbaharui metode serta taktik dalam proses belajar mengajarnya

Jawaban: E

3. Salah satu aspek pendidikan dalam Kurikulum Merdeka ialah pembelajaran diatur dan diterapkan guna mengembangkan kepribadian siswa agar menjadi pelajar seumur hidup. Sesuai dengan ideologi ini, pilihan aktivitas berikut menunjukkan apa saja yang bisa dilakukan oleh sang pengajar, terkecuali...

A. Guru menjamin bahwa tiap kegiatan belajar dimulai dengan penugasan agar dapat menilai sejauh mana pemahaman siswa tentang topik yang sedang diajar.

B. Guru mendukung peserta didik dalam proses introspeksi guna mengenali kemampuan diri serta aspek yang dapat ditingkatkan lebih lanjut.

C. Guru secara konsisten menyediakan tanggapan segera yang memacu kemampuan siswa agar tetap termotivasi dalam belajar serta mengembangkan ilmu pengetahuan lebih lanjut.

D. Guru mengasihkan tugas yang bertujuan untuk mendukung belajar mandiri serta menjelajahi ilmu pengetahuan.

Guru menyempurnakan kerumitan atau derajat kesukaran pekerjaan agar dapat menyesuaikan diri dengan beragam tingkatan kemampuan belajar siswa.

Jawaban: A

4. Guru tersebut menyampaikan materi pelajaran tentang suatu topik spesifik dan menemukan bahwa siswanya belum mengenal topik itu sebelumnya. Yang harus guru lakukan di tahap awal pengajaran adalah...

A. Menginformasikan bahawa materi ini sulit sehingga diperlukan pembelajaran secara konsisten

Menjabarkan bahwa isi pelajaran ini memerlukan latihan ekstensif, oleh karena itu para siswa harus mahir menggunakan seluruh alat di lab terlebih dahulu sebelum kursus dimulai.

C. Menyusun secara keseluruhan bahan yang akan diajukan, merangsang wawasan siswa tentang topik tersebut, dan menautkan pelajaran ini dengan pengalaman sehari-hari mereka.

D. Segera uraikan pelajaran itu agar para siswa terbiasa

E. memberikan pertanyaan pra-ujian tentang topik tersebut untuk mendorong semangat belajar para siswa

Jawaban: C

5. Sebelum mulai menyampaikan materi pelajaran, Pak Hafiz melakukan penilaian awal guna mendapatkan gambaran tentang cara belajar para siswanya. Berdasarkan hasil evaluasi ini, disimpulkan bahwa sekitar 45% dari mereka cenderung lebih mudah memahami sesuatu ketika diajarkan menggunakan metode visual, sementara itu ada 15% lainnya yang lebih suka belajar lewat aktivitas fisik atau kinestetik, dan 40% lagi adalah tipe pendengar alias auditori. Selain itu, ia juga mencatat bahwa mayoritas minat siswa pada dasarnya cocok dengan jenis pola belajarnya masing-masing.

Berdasarkan informasi itu, Bapak Hafiz mengatur pengajaran yang disesuaikan dalam tahapan proses seperti di bawah ini, kecuali...

A. Guru mengizinkan siswa untuk mengeksplorasi materi pembelajaran melalui modul digital yang bersifat interaktif.

B. Peserta didik diizinkan untuk menciptakan laporan tentang hasil pengamatan dengan cara yang mereka sukai, misalnya melalui tulisan, presentasi PowerPoint, video, poster, atau format lain berdasarkan kemampuan dan ketertarikan mereka.

C. Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru

Guru menyediakan peluang bagi siswa untuk melaksanakan latihan berperan supaya pemahaman mereka terhadap penjelasan guru menjadi lebih baik.

Guru menciptakan sejumlah area pembelajaran atau tampilan yang dipasang di lokasi-variasi guna memungkinkan siswa beralih posisi sambil menjangkau data.

Jawaban: B

6. Berikut ini beberapa aspek yang harus diperhatikan ketika mengimplementasikan pendekatan belajar individualisasi: Mohon dicatat bahwa "pembelajaran berdiferensiasi" telah diubah menjadi istilah Inggris "pendekatan belajar individualisasi", karena hal tersebut seringkali lebih umum digunakan dan mudah dimengerti oleh banyak orang secara internasional. Jika Anda ingin tetap menggunakan bahasa Indonesia, versi alternatif lainnya bisa jadi: 6. Hal-hal penting yang wajib dikaji saat mempraktikkan metode pengajaran disesuaian-adaptif antara lain adalah sebagaimana tertera dibawah: Versi ini mencoba menjaga makna semula sambil memberikan variasi pada kalimat awal. Sebagai catatan tambahan, jika anda merujuk kepada 'pengajaran diferensiated learning' atau konsep khusus dari pembelajaran berbeda untuk setiap siswa, maka saya sarankan untuk tetap menggunakan terminologi itu agar tidak menimbulkan kesalah-pahaman tentang konteks spesifik apa yang sedang didiskusikan.

1. Keberagaman kebutuhan siswa

2. Kondisi kelas

3. Persyaratan untuk Guru dan Kepala Sekolah

4. Lingkungan sekolah

Komponen yang harus diperhatikan oleh pendidik saat melaksanakan penyesuaian dalam proses belajar mengajar mencakup....

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 3

E. 1 dan 4

Jawaban: A

7. Bu Farida menggunakan metode pembelajaran berbeda agar bisa menyesuaikan dengan keperluan setiap siswa. Untuk itu, dia mempartisi siswanya menjadi beberapa grup studi. Namun ternyata Bu Farida tetap merasakan kendala sebab seluruh siswa masih terus bertanya padanya. Akibatnya, jalannya pelajaran masih lebih banyak bergantung kepada dirinya sendiri. Yang dapat dilakukan oleh Ibu Farida adalah

adalah....

A. Bu Farida bisa menerapkan metode pelaksanaan melepaskan kewajiban secara berjenjang. Dia mengundang siswa di kelompok tersebut untuk menyelesaikan tugas mereka dengan mandiri tanpa campur tangan pengawas dari gurunya. Kuantitas kewajiban yang menjadi beban guru masih lebih tinggi dibandingkan dengan para siswanya.

B. Bu Farida bisa menerapkan metode pengalihan tanggung jawab secara berjenjang. Dia mengundang siswa dalam kelompok tersebut untuk bekerja individually tanpa harus saling bergantian, dengan produk akhir yang telah disepakati dan tidak diperbolehkan dirubah. Siswa tidak perlu bekerjasama agar dapat memahami konsepnya.

C. Bu Farida bisa menerapkan metode pelaksanaan lepasnya tanggung jawab secara berjenjang. Dia menantang kelompok siswa untuk menciptakan suatu karya yang terkait dengan materi pembelajaran saat itu. Siswa-siswi tersebut kemudian bekerjasama guna meningkatkan pengetahuan mereka tentang konsep tersebut. Dalam hal ini, guru memiliki peranan dan tanggung jawab yang lebih dominan daripada para siswanya.

D. Bu Farida bisa menerapkan metode lepaskan tanggung jawab secara berjenjang. Dia menyarankan kelompok siswa untuk menciptakan suatu karya terkait tema pembelajaran saat itu. Siswa-siswi tersebut bekerjasama demi meningkatkan pengetahuan tentang konsep tersebut sebab mereka memiliki peranan dan tanggung jawab yang semakin besar daripada sang guru. Akibatnya, para siswa ini mendapatkan kemampuan mandiri yang lebih baik.

Menerapkan pengetahuan dengan cara independen. Guru serta siswa sama-sama mempunyai kewajiban sepanjang kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

E. Semua salah

Jawaban: D

8. Berikut ini adalah tahapan-tahapannya:

1. Siswa menentukan sasaran yang ingin diraih serta informasi apa yang mereka inginkan untuk memperoleh.

2 Siswa mengamati keterampilan diri mereka dengan cara merenungkan.

3. Guru menyajikan rubrik sebagai standar harapan kemampuan yang diharapkan dari pencapaian siswa.

4. Guru menyampaikan sasarannya dalam pembelajaran yang ingin dicapai bersama dengan langkah-langkah atau tahapan yang harus dijalankan baik oleh guru maupun siswa untuk menentukan tujuan belajar tersebut ialah.....

A. 1-2-3-4

B. 1-3-2-4

C. 4-3-2-1

D. 4-2-3-1

E. 3-2-1-4

Jawaban: C

9. Peranan guru saat menerapkan proses belajar mengajar sesuai dengan konsep pendidikan ter diferensiasi yaitu....

A. Guru merupakan sumber pembelajaran pokok di mana para siswa menaati kurikulum yang sudah disusun.

B. Guru tidak bertindak sebagai sumber pembelajaran primer, siswa bisa mengambil ilmu dari beragam sumber.

C. Guru bertindak sebagai perantara bagi para siswa sehingga dapat terlaksananya pertukaran ilmu pada saat pembelajaran berlangsung.

D. Guru bertindak sebagai motivator yang memantau siswa dari kejauhan saat sesi pembelajaran berlangsung.

Guru berperan sebagai pemacu utama dalam kemajuan proses belajar mengajar.

Jawaban: B

10. Ibu Tina menyadari bahwa sebagian dari siswanya belum mencapai standar pembelajaran yang ditetapkan, oleh karena itu diperlukan program perbaikan bagi mereka. Tindakan terbaik untuk mengatasi hal ini adalah....

A. Mengatur aktivitas belajar mengajar yang memiliki perbedaan dalam metode dan materi

bagi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan

B. memberi tugas rumah yang lumayan berat supaya para pelajar belajar mandiri di tempat tinggal mereka

C. Menelpon orangtua dari si anak serta memberitahu mereka bahwa sang buah hati tersebut telah menghilang atau bermasalah

menjalani pembelajaran secara efektif

D. Mengharuskan seluruh siswa menyerahkan pekerjaan rumah pada akhir sesi

pembelajaran

E. Mengharapkan agar masing-masing siswa membuat rangkuman dari pelajaran yang telah diajarkan

Jawaban: A

*) Penjelasan:-contoh jawaban dalam artikel ini hanyalah acuan bagi Bapak/Ibu Guru guna mempersiapkan diri menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan di Platform Merdeka Mengajar.

(Tribunnews.com/Farra)

Artikel ini diolah dari Tribunnews.com

Post a Comment

Previous Post Next Post