MasRizky Latihan soal IPA untuk siswa kelas 5 semester 2 berdasarkan kurikulum Merdeka tahun 2025, disertai dengan pembahasan jawabannya secara komprehensif.
Agar dapat mendukung para pelajar kelas 5 saat mereka menyiapkan diri untuk beberapa jenis penilaian seperti Ujian Akhir Semester (UAS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), atau Sumatif Akhir Semester (SAS) pada tahun 2025, kami menyediakan rangkuman latihan mata pelajaran IPA semester dua beserta petunjuk jawaban yang tepat.
Latihan soal di bawah ini mencakup 50 pertanyaan pilihan ganda yang dikumpulkan dari beberapa sumber terbaik.
Materi yang diberikan sudah disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka 2025, jadi sangat sesuai untuk dipakai sebagai materi latihan di rumah.
Soal dan kunci jawaban ini dirancang untuk membantu orangtua serta wali siswa dalam menjaga perkembangan pembelajaran anak mereka di rumah.

Melalui latihan yang teratur, diharapkan para murid akan menjadi lebih siap dan bergairah saat menghadapi ujian.
Berikut adalah koleksi latihan IPS untuk siswa kelas 5 semester 2 sesuai dengan kurikulum Merdeka tahun 2025, termasuk juga dengan petunjuk jawaban yang benar.
Soal Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Tahun 2025 beserta Kunci Jawabannya
1. Apa langkah yang bisa diambil pemuda untuk membantu pelestarian kearifan lokal?
a. Tanpa mempedulikan kearifan lokal regional
b. Dengan menelaah dan menghormati kebiasaan lokal
c. Dengan menyepelekan kebiasaan setempat
d. Tanpa harus memastikan kelangsungan hidupnya
Kunci Jawaban: B
2. Apa keuntungan menjaga warisan budaya lokal?
a. Tidak ada manfaatnya
b. Mengembangkan perasaan kebersamaan serta kesejateraan di antara masyarakat nasional
c. Tidak berkaitan dengan jati diri bangsa
d. Tidak diperlukan pemeliharaan untuk kelangsungan hidupnya
Kunci Jawaban: B
3. Wilayah dengan karakteristik unik, kelebihan, serta kekhususan tertentu akan membuatnya lebih dikenali oleh publik.
Salah satunya terlihat melalui warisan budaya semacam instrumen musik angklung yang berasal dari wilayah...
a. Sumatra Utara
b. Jawa Barat
c. Jawa Timur
d. Bali
Kunci Jawaban: B
4. Pempek adalah masakan lokal bersejarah yang telah menyebar ke mancanegara.
Sajian makanan itu berasal dari wilayah...
a. Lampung
b. Sumatra Selatan
c. Sumatra Utara
d. Sumatra Barat
Kunci Jawaban: B
5. Metode untuk memperkenalkan keunikan produk seni dan budaya dari luar negeri dapat dijalankan melalui...
a. menetapkan batasan penggunaan sebuah produk hanya untuk kelompok spesifik
b. memperkenalkan budaya kepada berbagai wilayah dan negara asing
c. secara bersama-sama menggunakan produk budaya seperti batik di Hari Nasional
d. mengeksplorasi latar belakang sejarah kebudayaan nasional
Kunci Jawaban: B
6. Rendang adalah hidangan berbahan utama daging yang berasal dari wilayah...
a. Banten
b. Sumatre Selatan
c. Sumatra Utara
d. Sumatra Barat
Kunci Jawaban: D
7. Berikut ini merupakan metode yang paling efisien untuk mengiklankan produk lokal terpilih agar mencapai segmen pasarnya secara luas dan cepat yakni...
a. pembuatan brosur
b. penempatan iklan pada platform-media sosial
c. testimoni antarperorangan
d. melaksanakan even kegiatan
Kunci Jawaban: B
8. Bagaimana pengertian dari masakan lokal khas suatu wilayah?
a. Hidangan umumnya dimakan di sebuah wilayah
b. Produk makanan yang tersedia di seluruh wilayah
c. Makanan modern
d. Makanan impor
Kunci Jawaban: A
9. Di bawah ini adalah beberapa makanan khas yang berasal dari Jakarta yakni...
a. Kacang asin
b. gado-gado
c. tahu sumedang
d. bolang baling
Kunci Jawaban: B
10. Gudeg adalah hidangan tradisional dari daerah...
a. Sumatra Utara
b. Kalimantan Barat
c. Jawa Timur
d. Yogyakarta
Kunci Jawaban: D
11. Beberapa hidangan tradisional asli dari Jawa Timur antara lain adalah...
a. Rujak Cingur
b. Lumpia
c. Wingko babat
d. Gudeg
Kunci Jawaban: A
12. Lokasi asal makanan tradisional Bika Ambon adalah...
a. Jawa Tengah
b. Jawa Barat
c. Jawa Timur
d. Sumatra Utara
Kunci Jawaban: D
13. Limbah organik merujuk pada apa sebenarnya?
a. Sisa-sisa material yang dihasilkan oleh flora dan fauna
b. Sampah yang dihasilkan oleh manusia
c. Sampah yang cepat terdegradasi secara alami
d. Sampah yang tidak mudah diuraikan oleh alam
Kunci Jawaban: A
14. Polusi tanah merujuk pada apa sebenarnya?
a. Polusi tanah akibat bahan-bahan berbahaya
b. Tanah yang subur
c. Tanah yang kaya akan kesuburan dan sangat subur
d. Tanah yang bebas dari polusi
Kunci Jawaban: A
15. Penghematan energi itu apa?
a. Usaha untuk mengurangi konsumsi daya listrik
b. Usaha yang dilakukan untuk mengonsumsi energi melebihi batas normal
c. Usaha untuk menghilangkan energi yang tidak berguna
d. Usaha untuk memanfaatkan tenaga dengan cermat
Kunci Jawaban: A
16. Daur ulang bermakna apa?
a. Langkah memanfaatkan ulang material lama sebagai sumber material segar
b. Tahap pengolahan limbah sisa menjadi sampah
c. Proses menggunakan kembali material sisa dengan cara yang berkelanjutan
d. Prosedur pengelolaan sampah limbah dengan hati-hati dan tepat
Kunci Jawaban: A
17. Satu buah bola dilepaskan dari ketinggian sebesar 5 meter. Faktor apa yang membuat bola itu terjatuh menuju permukaan bumi?
a. Gaya gesek
b. Gaya gravitasi
c. Gaya magnet
d. Gaya listrik
Kunci Jawaban: B
18. Bagaimana dampaknya bila sebuah spesies di lingkungan alamikus mengalami kepunahan?
a. Tak terjadi modifikasi pada keseimbangan ekosistem tersebut
b. Ekosistem tetap seimbang
c. Rantai makanan terganggu
d. Semua spesies punah
Kunci Jawaban: C
19. Apa keuntungan primer dari penggunaan katrol dalam keseharian kita?
a. Mengaitkan objek menggunakan kekuatan yang kuat
b. Menolong untuk memperkecil massa objek tersebut
c. Membantu dalam mengangkat beban yang berat
d. Membangkitkan tenaga listrik menggunakan air
Kunci Jawaban: C
20. Apakah arti dari konsumen di dalam jaringan makanan?
a. Organisme yang dapat memproduksi makanannya sendiri
b. Organisme yang mengonsumsi tanaman atau binatang lain
c. Organisme hidup yang menguraikan sisa-sisa makhluk lain yang sudah meninggal
d. Organisme yang memberikan energy kepada produsen
Kunci Jawaban: B
21. Perhatikan organ berikut!
1) Mulut
2) Tenggorokan
3) Kerongkongan
4) Jantung
5) Lambung
Organe-organe dalam sistem pencernaan manusia ditampilkan pada pernyataan bernomor....
a. 1, 2, serta 5
b. 1, 2, serta 4
c. 1, 3, serta 4
d. 1, 3, serta 5
Kunci Jawaban: D
22. Organ yang memainkan peranan penting dalam sistem pernapasan adalah...
a. Rongga mulut
b. Rongga hidung
c. Rongga telinga
d. Jantung
Kunci Jawaban: B
23. Risa sedang mencicipi kue yang diberikan oleh Ibunya. Ia bisa merasakan kelezatan dan kecambahannya karena membantu...
a. Gigi
b. Bibir
c. Lidah
d. Lambung
Kunci Jawaban: C
24. Ciri-ciri dari penyakit asam lambung tersebut antara lain....
a. Demam tinggi, badan bergetar, merasa lesu, dan ingin muntah.
tubuh mengalami demam sementara bagian perut di sebelah kanan bawah terasa sakit
sensasi rasa pedas di lapisan lambung serta perut yang buncit
d.diare yang umumnya diikuti oleh muntahan
Kunci Jawaban : C
25. Organ yang memainkan peranan penting dalam sistem pernapasan adalah......
a.rongga mulut
b.rongga hidung
c.rongga telinga
d.jantung
Kunci Jawaban : B
26. Besarnya volume udara yang bisa dipompa keluar dari paru-paru pasca pernapasan disebut......
a.kapasitas paru-paru
b.kemampuan paru-paru menghirup udara
c.kapasitas vital paru-paru
d.daya tampung paru-paru
Kunci Jawaban : B
27. Fungsi bulu-bulu tipis di dalam hidung adalah......
a.menyaring udara
b.supaya hidung tidak kotor
c.mengeluarkan kotoran dari luar agar tak masuk
d.untuk mempermudah menghembuskan udara
Kunci Jawaban : C
28. Hulu kerongkongan yang terdiri dari cabang dua jalur sehingga memungkinkan pertemuan antara udara dan makanan atau minuman disebut......
a.faring
b.tenggorokan
c.usus
d.lambung
Kunci Jawaban : A
29. Diafragma akan mendorong ke arah dalam tubuh yang lebih rendah, menyebabkan paru-paru melebar ketika bernafas.
Posisi diafragma berada di…….
a.rongga dada dan paru-paru
b.rongga perut dan paru-paru
c.paru-paru dan jantung
rongga pada dada dan rongga pada perut
Kunci Jawaban : D
30. Penggunaan berlebihan dari santan dalam hidangan adalah karakteristik kuliner khusus suatu wilayah....
a. Kalimantan timur
b. Jawa Barat
c. Jawa Timur
d. Jawa Tengah
Kunci Jawaban: D
31. Berikut ini merupakan bagian dari warisan budaya berwujud adalah...
a. tarian adat
b. cerita rakyat
c. senjata tradisional
d. pantun
Kunci Jawaban: C
32. Golok berasal dari wilayah...
a. Lampung
b. Surabaya
c. Jawa Tengah
d. Banten
Kunci Jawaban: D
33. Kujang adalah senjata tradisional dari wilayah...
a. Sumatra Barat
b. Kalimantan Barat
c. Jawa Barat
d. NTB
Kunci Jawaban: C
36. Pemeliharaan warisan budaya untuk struktur historis dijalankan melalui metode....
a. membangun tiruan dari struktur tersebut dengan tepat sama
b. memulihkan struktur gedung yang rusak hingga tampak sebagaimana semula
c. merubahn gedung menjadi destinasi pariwisata
d. merombak konstruksi gedung agar jadi lebih tangguh
Kunci Jawaban: B
37. Sebagai salah satu mahasiswa, tanggung jawab kita untuk melindungi peninggalan kebudayaan antara lain...
a. mengunjungi setiap waktu
b. menggali warisan kebudayaan yang tersedia
c. berpartisipasi dalam pengumpulan dana untuk pemulihan
d. melaksanakan restorasi pada warisan budaya yang telah rusak
Kunci Jawaban: B
38. Ciri khas budaya milik sebuah daerah atau kelompok etnis yang diturunkan dari generasi ke generasi dan berlaku secara eksklusif di area tertentu tersebut.
Itu adalah pernyataan dari...
a. Budaya nasional
b. Budaya lokal
c. Budaya Indonesia
d. Budaya sosial
Kunci Jawaban: B
39. Candi Borobudur termasuk objek wisata budaya yang masuk dalam kategori pengembangan pariwisata...
a. Sejarah dan religi
b. Tradisi dan Seni Budaya
c. Kuliner nusantara
d. Pedesaan dan perkotaan
Kunci Jawaban: A
40. Ilustrasi itu menunjukkan rumah adat Gendang Purang.
Rumah dengan 12 buah saluran air hujan di atapnya adalah rumah adat dari suku mana yang menetap di daerah tersebut?
a. Gayo
b. Mamasa
c. Manggarai
d. Gorontalo
Kunci Jawaban: C
41. Lagu tradisional dengan nama "Tanduk Majeng" berasal dari...
a. Jawa Tmur
b. Jawa Tengah
c. Jawa Barat
d. Banten
Kunci Jawaban: A
42. Makanan yang dikonsumsi oleh manusia digunakan sebagai....
a.sumber energi
b.pembentuk tubuh
C.Komponen Pembentuk Sel dan Jaringan
d.semua jawaban benar
Kunci Jawaban : D
43. Bagian dari sistem pencernaan manusia yang bertanggung jawab dalam penyerapan nutrisi makanan adalah....
a. usus besar
b. usus halus
c. kerongkongan
d. lambung
Kunci Jawaban : B
44. Urutan organ sistem pencernaan pada manusia mulai dari bagian luar hingga ke dalam yang tepat adalah....
a.mulut - usus halus - perut - kerongkongan - dubur
b.mulut - kerongkongan - perut - usus halus - anus
c.mulut - faring - usus halus - perut - anus
d.Mulut - Kerongkongan - Lambung - Usus Halus - Anus
Kunci Jawaban : B
45. Tahap penguraian makanan dari substansi yang rumit menjadi partikel-partikel yang lebih kecil melalui pertolongan enzim di bagian organ.....
a.lambung
b.mulut
c.kerongkongan
d.usus
Kunci Jawaban : A
46. Saya merupakan sebuah bagian dari sistem pencernaan pada manusia. Peran saya adalah menghancurkan mikroba seperti kuman dan bakteri yang masuk bersama dengan makanan. Siapakah saya?
a. Lambung
b. Anus
c. Usus halus
d. Usus kosong
Kunci Jawaban: A
47. Ririn senantiasa mengonsumsi sarapan yang kaya nutrisi. Bagian dalam tubuh Ririn yang berfungsi untuk meresapkan zat-zat gizi dari makanannya adalah...
a. Lambung
b. Usus halus
c. Usus besar
d. Anus
Kunci Jawaban: B
48. Lokasi terjadi pertukaran oksigen, dimana udara segar yang kita bernafas bertemu dengan udara bekas adalah di...
a. Alveolus
b. Diafragma
c. Faring
d. Bronkus
Kunci Jawaban: A
49. Sebuah anak menerpa nafasnya dengan keras lewatujung selang yang ada ditangannya sebagaimana terlihat dalam ilustrasi itu.Anak itu sedang mencoba untuk mempelajari...
a. Alur pernapasan
b. Organ-organ pernapasan
c. Penyakit pada pernapasan
d. Kapasitas vital paru-paru
Kunci Jawaban: D
50. Apa nama planet yang dikenal sebagai "planet merah"?
a. Merkurius
b. Mars
c. Venus
d. Jupiter
Kunci Jawaban: B
*) Disclaimer: Artikel ini dikhususkan bagi orang tua guna membimbing proses pembelajaran sang anak.
Sebelum mengecek kunci jawaban, siswa sebaiknya mencoba mengerjakan soal tersebut terlebih dahulu secara mandiri. Setelah itu, gunakan materi ini sebagai acuan untuk memeriksa hasil kerja para siswa.
(Tribunnews.com/ Muhammad Alvian Fakka)
Artikel ini diolah dari Tribunnews.com
Post a Comment