BERITA DIY - Berikut adalah petunjuk utama untuk menjawab pertanyaan dalam PPG 2025 modul 2 tentang pembelajaran sosial dan emosi PSE topik 3 yang merujuk pada teori belajar berpengalaman Kolb dengan tepat.

Untuk para guru yang sedang mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025, modul kedua yaitu Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE), topik ketiga terkait dengan Belajar Berpengalaman (Experiential Learning) memberikan pemahaman mendalam tentang metode pembelajaran ini sebagaimana dikemukakan oleh David Kolb.

Modul ini, yang diakses melalui platform Ruang GTK, mencakup latihan pemahaman berupa soal-soal pilihan ganda yang menguji pemahaman tentang teori, tahapan, dan gaya belajar Kolb.

Artikel ini memberikan solusi terlengkap bagi para guru dalam menguasai suatu konsep, diatur dengan cerita asli serta menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Mengacu pada petunjuk ini, Anda bisa meningkatkan pemahaman dan menuntaskan pekerjaan dengan keyakinan penuh.

Memahami Belajar Berpengalaman Versi David Kolb

Experiential Learning merupakan metode pembelajaran yang mengedepankan pengalaman langsung sebagai fondasi pokok untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Seperti dijelaskan oleh David Kolb, proses belajar tidak hanya tentang menerima teori saja, namun juga merangkum serangkaian tahap dinamis yang terdiri dari pengalaman, refleksi, pemikiran konsep, serta implementasinya.

Metode ini sesuai untuk Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) sebab dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan emosi dan sosial mereka lewat berinteraksi langsung dengan sekitar mereka.

Modul 2 tentang Pedoman Praktik Guru (PPG) 2025 pada topik ketiga di sektor Pendidikan Sekolah Menengah (PSE), menguraikan empat langkah dalam siklus pembelajaran yang dikembangkan oleh David Kolb:

  1. Pengalaman Nyata: Menyaksikan atau menghadapi suatu kondisi atau peristiwa dengan cara yang pribadi.
  2. Pengamatan Refleksif: Memikirkan kembali serta menganalisis keseluruhan pengalamannya.
  3. KONSEPTEUALISASI ABSTRAK: Mengembangkan ide atau pemikiran melalui proses pertimbangan dan meditasi.
  4. Uji Coba Langsung: Mengimplementasikan ide tersebut di lingkungan sebenarnya guna mengevaluasi efektivitasnya.

Di samping itu, Kolb menjabarkan empat tipe belajar yakni aktif, reflektif, teoritis, dan pragmatis—which reflect individual preferences when processing information. Memahami hal ini sangat krusial bagi para pendidik guna menyusun metode pengajaran yang bersifat inklusif serta efisien.

Kode Penyelesaian Soal Praktik Memahami Modul 2 Bab 3 Dalam Program Pendidikan Guru (PPG) 2025

Berikut terdapat kunci jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan bergaya pilihan ganda dalam Modul 2 PSE Topik 3 yang dirancang guna membantu pengetahuan Anda dengan lebih baik:

1. Menurut David Kolb, apa itu pembelajaran berbasis pengalaman atau experiential learning?

A. Pendidikan yang terlalu bergantung pada teori saja tanpa adanya praktek langsung.

B. Pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung sebagai sumber primer ilmu pengetahuan.

C. Proses pembelajaran yang menekankan pada penerapan teknologi dalam kegiatan belajar.

D. Proses pembelajaran yang bergantung pada petunjuk langsung dari guru.

E. Pembelajaran yang mengacu pada buku teks.

Kunci Jawaban: B. Proses pembelajaran yang mengutamakan pengalaman langsung sebagai sumber primer ilmu pengetahuan.

2. Berikut manakah yang tidak termasuk sebagai bagian dari model Belajar Experiential Learning oleh Kolb?

A. Pengalaman konkrit

B. Refleksi aktif

C. Konseptualisasi abstrak

D. Pengujian aktif

E. Refleksi

Kunci Jawaban: B. Refleksi aktif

3. Hal yang tidak tercakup dalam pembelajaran berbasis pengalaman adalah ...

A. Hasil yang ditilik dari proses belajar adalah keluarannya

B. Belajar adalah proses

C. Mengambil ilmu merupakan bagian dari penyesuaian diri

D. Belajar merupakan pertukaran antara pribadi dengan sekitar mereka.

E. Belajar merupakan suatu perjalanan merasakan pengalamannya

Kunci Jawaban: A. Hal yang diamati dalam proses pembelajaran merujuk pada hasilnya

4. Proses belajar merupakan satu kesatuan utuh dan mencakup berbagai aspek.

A. Peran kognisi, emosi, persepsi serta perilaku

B. Peran Kognitif dan Hasil Output

C. Peran dari tingkah laku, emosi, dan penyesuaian

D. Fungsi pengalaman

E. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: A. Peran kognitif, emosional, percepansi, serta aspek perilaku

5. Proses belajar menggabungkan pengetahuan baru dengan yang sudah dikuasai sebelumnya, di mana pembelajaran tersebut berarti...

A. Proses adaptasi

B. Transaksi sinergis

C. Tahap pengulangan belajar

D. Proses penemuan kembali

E. Semua jawaban benar

Peran kognisi, emosi, persepsi serta perilaku

Kunci Jawaban: B. Transaksi sinergis

6. Pada kerangka Kerangka Kolb, fase "Abstraction of Conceptualization" mengacu pada...

A. Merumuskan teori atau konsep berdasarkan kejadian sebelumnya.

B. Melaksanakan percobaan serta menguji sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya.

C. Mengambil waktu untuk memikirkan pengalaman tersebut dan menyusun sebuah rencana tindakan.

D. Menyaksikan dan menikmati sebuah pengalaman atau kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

E. Mengerti pengalaman yang telah dihadapi.

Kunci Jawaban: A. Merumuskan teori atau ide dari peristiwa yang sudah dialami.

7. Peserta pelatihan ini biasanya menganalisis situasi dengan seksama dan memilih untuk merefleksikan kembali pengalamannya sebelum beraksi, sehingga dia umumnya tergolong dalam gaya belajar....

A. Aktif

B. Reflektif

C. Teoretis

D. Pragmatis

E. Dogmatis

Kunci Jawaban: B. Reflektif

8. Orang yang memiliki gaya pembelajaran praktis menurut teori Kolb biasanya akan...

A. Mengambil keputusan dengan memanfaatkan pengetahuan dari pengalaman pribadi serta mampu bertindak secara sigap menghadapi kondisi tertentu.

B. Kesulitan dalam memahami teori atau konsep apabila tidak didukung dengan contoh penggunaan yang nyata.

C. Lebih senang menghayati dan memikirkan sesuatu terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

D. Cenderung mengelak dari keadaan yang kurang terorganisir.

E. Merespons dengan pertimbangan yang matang.

Kunci Jawaban: A. Mengambil keputusan dengan mengandalkan pengetahuan pribadi serta dapat bertindak secara instan dalam kondisi tertentu.

9. Di tingkat "Tes Praktis" dari model Kolb, seseorang akan...

A. Mengeksplorasi konsep-konsep terbaru serta merumuskan teori dari observasi yang dilakukan.

B. Menguji konsep atau ide yang sudah direnungkan dalam keadaan riil.

C. Menghayati pengalaman serta berusaha memahami maknanya.

D. Menyusun informasi dengan terstruktur.

E. Menghasilkan gagasan yang inovatif untuk diimplementasikan.

Kunci Jawaban: B. Menguji konsep atau ide yang sudah terpikirkan di alam nyata.

10. Agar bisa mendampingi murid mengetahui jenis pembelajaran apa yang paling sesuai untuk mereka, pendidik dapat melaksanakan pengamatan serta mencatat tindak tanduknya. Langkah-langkah yang boleh dijalankan oleh sang guru ialah...

A. Menentukan target perilaku

B. Memutuskan siapa yang akan melaksanakan pengamatan

C. Menentukan durasi pengamatan

D. Memilih peralatan yang akan digunakan untuk observasi

E. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: D. Memilih peralatan yang akan digunakan untuk observasi

Pernyataan Penyangkalan: Jawaban ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran bagi calon guru dalam program PPG tahun 2025. Tujuannya adalah membantu meningkatkan pemahaman Anda, bukan digunakan secara mentah-mentah. Harap selalu menjalankan tugas-tugas di Ruang GTK dengan kejujuran dan integritas penuh.

Berikut adalah detail mengenai solusi untuk pertanyaan PPG 2025 modul 2 tentang pembelajaran sosial dan emosi PSE bagian 3 yang berfokus pada experiential learning Kolb sebagai acuan dalam memberikan jawaban yang tepat. ***

Post a Comment

Previous Post Next Post