https://www.masrizky.biz.id/Di sistem kelistrikan mobil bekas tugas aki sangatlah penting lho gaes.

Pasalnya, aki sebagai sumber daya listrik di semua mobil.

Ya, aki ini sebagai sumber daya listrik untuk membuat semua komponen kelistrikan bisa bekerja dengan baik.

Di pasaran, aki di mobil ada yang tipe kering atau Maintenance Free (MF) dan ada juga yang basah.

Nah, ternyata aki mobil ini juga bisa mengalami panas saat mobil digunakan.

"Betul, pada kondisi tertentu aki mobil bisa mengalami peningkatan temperatur," buka Technical Support Yuasa Battery, Hery.

"Akibat penggunaan arus listrik yang terlalu tinggi aki mobil bisa menjadi panas," tambahnya.

Aki dipaksa memberikan arus listrik ke komponen kelistrikan.

Apalagi ada beberapa aksesori tambahan yang memakan daya besar.

Dampaknya suhu atau temperatur aki akan naik drastis karena hal tersebut.

Selain itu, penyebab lainnya adalah masalah pada sistem pengisian atau alternator.

Tugas alternator ini mengisi arus listrik ke aki saat mobil hidup.

Jika ada masalah di alternator seperti overcharge maka aki bisa menjadi panas.

"Karena arus listrik yang masuk sangat tinggi melebihi ketentuan," tambah Yayan Sugiana.

Yayan Sugiana ini dari bengkel spesialis Masudah Motor.

Umumnya, standar pengisian alternator ke aki adalah sebesar 12-14 volt.

Jika pengisian melebihi voltase tersebut maka bisa membuat overcharge.

"Aki yang terus menerus berada di suhu tinggi bikin  kemampuannya bisa menurun dan jadi cepat rusak," jelas Yayan.

Post a Comment

Previous Post Next Post