Mas Rizky – Materi Keseimbangan Ekosistem dalam IPAS kelas 5 SD bertujuan untuk mengenalkan siswa pada hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya. Siswa belajar bagaimana interaksi dalam ekosistem berjalan secara seimbang, serta akibat yang terjadi jika salah satu komponen terganggu.

Dengan memahami materi ini, siswa diharapkan bisa lebih peduli dan menjaga lingkungan agar tetap mendukung kehidupan semua makhluk.

Berikut disajikan 10 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan, berdasarkan Buku IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, disusun oleh Leni Nurindah, S.Pd., alumni Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Soal 1

Ekosistem adalah …

A. Tempat tinggal hewan buas

B. Kumpulan hewan yang tinggal bersama

C. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya

D. Hutan yang luas

Jawaban: C

Pembahasan: Ekosistem mencakup hubungan antara makhluk hidup (biotik) dan benda tak hidup (abiotik) di sekitarnya.

Soal 2

Jika ular sebagai pemangsa tikus punah, maka yang kemungkinan terjadi adalah …

A. Jumlah tikus berkurang

B. Ekosistem menjadi stabil

C. Jumlah tikus meningkat

D. Tidak terjadi apa-apa

Jawaban: C

Pembahasan: Tanpa pemangsa alami, jumlah tikus bisa meningkat dan mengganggu ekosistem.

Soal 3

Rantai makanan menunjukkan …

A. Proses fotosintesis

B. Perubahan musim

C. Aliran energi dalam ekosistem

D. Siklus hidup hewan

Jawaban: C

Pembahasan: Rantai makanan menggambarkan perpindahan energi dari makhluk hidup satu ke yang lain.

Soal 4

Contoh dari konsumen tingkat pertama dalam rantai makanan adalah …

A. Elang

B. Rumput

C. Kelinci

D. Ular

Jawaban: C

Pembahasan: Kelinci memakan tumbuhan (produsen), sehingga menjadi konsumen tingkat pertama.

Soal 5

Produsen dalam ekosistem adalah makhluk hidup yang dapat …

A. Makan makhluk lain

B. Membuat makanan sendiri

C. Menyerap air

D. Menyimpan udara

Jawaban: B

Pembahasan: Produsen (seperti tumbuhan) membuat makanan melalui proses fotosintesis.

Soal 6

Apa yang akan terjadi jika semua tumbuhan di suatu ekosistem mati?

A. Rantai makanan tetap berjalan

B. Konsumen tidak akan terganggu

C. Kehidupan dalam ekosistem terganggu

D. Tidak terjadi perubahan

Jawaban: C

Pembahasan: Tumbuhan adalah produsen, jika punah, seluruh rantai makanan terganggu.

Soal 7

Komponen abiotik dalam ekosistem adalah …

A. Hewan dan tumbuhan

B. Cahaya matahari, tanah, dan air

C. Mikroorganisme

D. Serangga dan cacing

Jawaban: B

Pembahasan: Komponen abiotik adalah benda tak hidup yang memengaruhi kehidupan organisme.

Soal 8

Hubungan antara burung jalak dan kerbau adalah contoh dari …

A. Kompetisi

B. Parasitisme

C. Mutualisme

D. Predasi

Jawaban: C

Pembahasan: Burung jalak memakan kutu di tubuh kerbau; keduanya mendapat manfaat.

Soal 9

Yang termasuk detritivor atau pengurai dalam ekosistem adalah …

A. Kucing

B. Cacing tanah

C. Rusa

D. Elang

Jawaban: B

Pembahasan: Cacing tanah membantu mengurai bahan organik dalam tanah.

Soal 10

Keseimbangan ekosistem dapat terganggu oleh …

A. Reboisasi

B. Perburuan liar

C. Pelestarian hutan

D. Penanaman pohon

Jawaban: B

Pembahasan: Perburuan liar dapat mengurangi populasi hewan tertentu dan merusak rantai makanan.

Disclaimer:

Soal dan pembahasan ini disusun sebagai bahan pembelajaran berdasarkan Buku IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Soal ini bukan berasal dari lembaga resmi, melainkan untuk latihan mandiri dan bahan evaluasi bersama guru.

Post a Comment

Previous Post Next Post