TRIBUNSTYLE.COM - Untuk orangtua atau wali murid yang berencana membantu anaknya dalam proses pembelajaran dari rumah, kumpulan 30 pertanyaan latihan tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa Kelas 4 SD/MI Semester 2 dapat menjadi sumber referensi yang sangat berguna.
Setiap pertanyaan dilengkapi dengan kuncinya, yang membuat proses pembelajaran serta pengecekan hasil latihan menjadi lebih mudah.
Selain digunakan sebagai teman belajar, para siswa dan siswi pun bisa mengerjakan soal-soal tersebut secara mandiri di rumah. Hal itu bertujuan supaya mereka menjadi lebih siap menghadapi ujian atau bahkan menambah wawasan tentang pelajaran IPA berdasarkan kurikulum Merdeka.
Satu pertanyaan yang timbul ialah Proses perubahan es mencair menjadi air dikenal sebagai...

Berikut 30 soal IPAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka serta kuncinya untuk menjawab:
1. Transformasi salju mencair menjadi air dikenal sebagai...
a. Peleburan
b. Pembekuan
c. Penguapan
d. Pemadatan
Jawaban: B
2. Peristiwa transformasi air menjadi es dikenal sebagai...
a. Penguapan
b. Pemadatan
c. Peleburan
d. Pembekuan
Jawaban: D
3. Udara yang kita hisap saat pernapasan terdiri dari...
a. Oksigen
b. Hidrogen
c. Karbon dioksida
d. Nitrogen
Jawaban: A
4. Bahan yang memiliki bentuk dan volume yang bisa diubah dinamakan...
a. Zat padat
b. Zat cair
c. Zat gas
d. Zat campuran
Jawaban: B
5. Pencairan air berubah menjadi es merupakan teladan transisi dari keadaan...
a. Padat menjadi cair
b. Cair menjadi padat
c. Gas menjadi padat
d. Padat menjadi gas
Jawaban: A
6. Indikasi dari kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat dilihat pada ...
a. gedung sekolah
b. tempat pengeboran minyak
c. pasar swalayan
d. kendaraan bermotor
Jawaban: B
7. Stok dari sumber daya alam yang tak bisa diganti adalah....
a. melimpah ruah
b. banyak sekali
c. tersedia cukup
d. terbatas
Jawaban:D
8. Kondisi wilayah Indonesia sebagian besar merupakan daerah perairan, sehingga Indonesia disebut sebagai negara ....
a. maritim
b. kepulauan
c. agraris
d. kesatuan
Jawaban: A
9. Kearifan lokal bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sosial yang timbul dikarenakan hal tersebut.
Globalisasi. Kearifan lokal pada intinya bersifat....
a. modern
b. mistis
c. tradisional
d. kompleks
Jawaban: B
10. Berikut ini bukan merupakan fungsi dari hutan adalah...
a. menyimpan cadangan air
b. habitat hewan liar
c. tempat wisata
d. pembangkit tenaga listrik
Jawaban: D
11. Berikut ini yang tidak termasuk sebagai penggunaan area pegunungan adalah untuk ....
a. pertanian
b. pariwisata
c. tempat peristirahatan
d. pelabuhan
Jawaban:D
12. Sumber daya alam yang belum dioptimalkan disebut....
a. sumber daya alam
b. kemampuan sumber daya alam
c. kekayaan alam
d. kegunaan alam
Jawaban: B
13. Aspal adalah salah satu produk dari sumber daya alam pertambangan. Manusia memanfaatkannya untuk berbagai keperluan seperti ...
a. Bahan bakar untuk mesin diesel
b. bahan baku untuk perkerasan jalan
c. bahan bangunan
d. material yang digunakan untuk membuat barang kerajinan
Jawaban:B
14. Salah satu konsekuensi dari hilangnya pengetahuan tradisional akibat adanya pengaruh negatif masa globalisasi adalah….
a. komunitas semakin teratur dan taat terhadap perundangan yang berlaku
b. pendekatan keluargawi pada setiap masalah lebih sering ditemui
c. rasa kebersamaan dalam masyarakat perlahan-lahan menghilang
d. gaya hidup hemat semakin banyak disukai dan dijalankan oleh orang-orang
Jawaban:C
15. Subak merupakan bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan irigasi sawah yang dilakukan oleh masyarakat petani di daerah ....
a. Bima
b. Bali
c. Boyolali
d. Bogor
Jawaban: B
16. Masyarakat Baduy mendiami daerah dataran tinggi yang berada di sekitar pegunungan dan bertumpu pada pekerjaan bercocok tanam. Aturan mereka mencegah penggunaan cangkul untuk membajak lahan serta larangan merawat hewan seperti sapi maupun kambing.
Ini termasuk dalam kategori kearifan lokal yang berkaitan dengan....
a. makanan
b. perumahan
c. produksi
d. keyakinan
Jawaban: D
17. Banyak teknologi yang semakin maju dewasa ini sebenarnya berpotensi besar dalam mengacaukan keseimbangan ekosistem dan lingkungan. Upaya untuk menyelesaikan masalah itu dapat dijalankan melalui penguatan....
a. kebutuhan masyarakat
b. kemajuan teknologi
c. budaya global
d. kearifan lokal
Jawaban:D
18. Rumah tradisional di wilayah Kalimantan dirancang dengan gaya panggung. Tujuannya adalah untuk....
a. mencegah gangguan binatang buas
b. agar bernilai seni tinggi.
c. memanfaatkan kekayaan alam
d. untuk menampung banyak orang
Jawaban:A
19. Kebijakan lokal tidak timbul begitu saja, melainkan hasil dari sebuah proses dalam....
a. temuan dari studi yang dijalankan berkali-kali
b. refleksi dari pola hidup warga lokal
c. nilai budaya yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
d. nilai budaya yang telah ditinggalkan masyarakat
Jawaban:C
20. Nama ritual tradisional beserta penjelasan yang tepat mengenainya adalah .....
a. Ngaben, yang merupakan prosesi pembakaran jenazah dalam kepercayaan Hindu di Yogyakarta.
b. Pemasangan hiasan telinga, yakni mengenakan anting-anting pada daun telinga putri dalam masyarakat Jawa
Tengah.
c. Kasada, yang merupakan ritual persiapan sesajen di sekitar Kawah Gunung Bromo.
d. Ngeyeuk seureuh, yang merupakan ritual perkawinan adat Jawa Timur.
Jawaban:C
21. Masa globalisasi memungkinkan aliran budaya dari seluruh penjuru dunia masuk ke Indonesia tanpa hambatan. Sebagai tanggung jawab bagi pemuda, mereka harus siap menyongsong ancaman budaya tersebut.
negara lain adalah ....
a. tak menghiraukan kebudayaan luar
b. memelihara dan meningkatkan kearifan lokal regional
c. belajar tentang seluruh kebudayaan luar negeri sebab dianggap lebih baik
d. budaya kita sudah superior sehingga tak perlu menguasai budaya lain
Jawaban:B
22. Kekayaan beragam di Indonesia adalah suatu karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang sangat istimewa. Sebagai makhluk bernuansa iman, kita harus melindungi serta mempertahankan warisan keberagaman itu. Beberapa metode untuk menghargai hal tersebut antara lain ialah....
a. mengadakan pesta kebudayaan Nusantara
b. menghadiri atraksi turis populer di beragam wilayah
c. tidak memfavoritkan budayanya sendiri sementara merendahkan budaya orang lain
d. melaksanakan pembangunan di wilayah perbatasan, pedalaman, dan tertinggal
Jawaban:A
23. Kerajaan berbasis Hindu tertua yang ada di Indonesia ialah . . .
A. Tarumanegara
B. Kutai
C. Majapahit
D. Samudra Pasai
Jawaban: B
24. Di bawah ini adalah kerajaan berbasis Islam yang diketuai oleh Raden Patah yakni...
A. Demak
B. Aceh
C. Ternate
D. Sriwijaya
Jawaban: A
25. Hindu-Buddha masuk ke Indonesia karena dibawa oleh . .
A. pedagang dari India
B. pedagang dari Arab
C. prajurit dari India
D. prajurit dari Arab
Jawaban: A
26. Agama Islam datang ke Indonesia melalui...
a. Pedagang China
b. Pedagang arab
c. Pedagang India
d. Pedagang mesir
Jawaban : B
27. Monarki yang menguasai kerajaan Tarumanegara adalah….
a. Purnawarman
b. Ratu shima
c. Jaya baya
d. Ken arok
Jawaban: A
28. Mataram Hindu yang berada di Jawa Tengah memiliki peninggalan bersejarah yakni… .
a. Prasasti Kebon Kopi
b. Prasasti Jambu
c. Candi Penataran
d. Kompleks Candi Prambanan
Jawaban: D
29. Samudera Pasai adalah kerajaan yang terdapat di….
a. Jawa Tenggah
b. Jawa Timur
c. Aceh
d. Sulawesi Selatan
Jawaban : C
30. Sultan Hasanuddin adalah salaha satu raja yang terkenal dari kerajaan… .
a. Banten
b. Demak
c. Gowa
d. Sriwijaya
Jawaban: A
(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani)
Artikel ini diolah dari Tribunnews.com
Post a Comment