MasRizky Berikut adalah ikhtisar dari materi Program Profesi Guru (PPG) Daljab untuk Guru Tertentu tahun 2025 pada modul 1 topik keempat.
Dalam modul 1, peserta PPG akan mengenal lebih lanjut tentang Prinsip Pengajaran dan Asesmen (PPA).
Modul 1 bab 4 mengupas tentang Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT).
Ringkasan Pokok Bahasannya tentang Metode Pengajaran yang Responsif terhadap Budaya (Culturally Responsive Teaching atau CRT)
Metode ini memadukan rutinitas, sifat, pengetahuan mendalam, serta sudut pandang para siswa menjadi instrumen untuk proses belajar yang lebih efektif.
Langkah-langkah CRT
- Identitas diri peserta didik
- Pemahaman budaya
- Siswa bekerjasama dalam tim
- Berfikir keritis dalam refleksi
Refleksi CRT
Bisa Anda ceritakan apa saja inspirasi yang Bapak/Ibu guru peroleh setelah mengeksplorasi materi tersebut?
Setelah menelaah Bab 4 yang membahas Culturally Responsive Teaching (CRT), saya mulai lebih mengerti betapa krusialnya untuk mengenali serta merayakan asal-usul budaya siswa dalam kegiatan pengajaran.
Pendekatan CRT telah memberitahu saya bahwa tiap pelajar tiba dari latar budaya masing-masing, dan variasi tersebut sejatinya merupakan harta karun yang dapat menyuburkan jalannya pendidikan. Ini membawa inspirasi kepada saya untuk menjadi semakin sadar akan keragaman dalam ruangan kelas dan usaha keras merancang atmosfer pembelajaran yang bersifat inklusif dengan nuansa budaya positif. Di masa mendatang, tujuan saya adalah menggabungkan prinsip-prinsip budaya daerah kedalam konten pengajaran sambil menyesuaikan metode pembelajaran sehingga jadi lebih sesuai dan memiliki makna penting bagi seluruh murid. Diharapkan hal ini bakal naikkan partisipasi siswa serta bangkitnya ikatan erat antara penuntut ilmu dan pemberi ilmu.
Soal dan Kunci Jawaban
Latihan Memahami Modul 1 Bab 4
1. Metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan CRT dibentuk berdasarkan....
A. Konteks Pendidikan Peserta Didik
B. Konteks Keluarga Peserta Didik
C. Konteks persahabatan belajar siswa
D. Konteks budaya para siswa
E. Konteks Sekolah Peserta Didik
Jawaban: D
2. Pendekatan CRT dalam pembelajaran mengambil pertimbangan elemen-elemen ini sebagai sarana pengajaran yang lebih efektif, kecuali....
A. Kebiasaan
B. Karakter
C. Pengalaman
D. Perspektif
E. Prestasi
Jawaban: E
3. Elemen pelajaran yang mungkin mengabaikan latar belakang budaya siswa antara lain adalah....
A. Tujuan pembelajaran
B. Materi ajar
C. Kegiatan pembelajaran
D. Sumber pembelajaran
E. Media pembelajaran
Jawaban: A
4. Guru harus mempunyai pemahaman kritis tentang keberagamannya dalam budaya untuk....
A. Menguji Nilai Budaya Secara Objektif
B. Menguji kepercayaan dengan cara yang obyektif
C. Menghasilkan tingkat kesadaran historis yang lebih baik
D. Meningkatkan kemampuan interaksi sosial yang efektif
E. Semua benar
Jawaban: E
5. Keuntungan dari pembelajaran menggunakan metode CRT antara lain, kecuali....
A. Menggenjot Semangat Belajar Siswa
B. Menambah partisipasi siswa
C. Mengembangkan kemampuan sosial dan emosi siswa
D. Menggenjot kebahagiaan siswa serta pendidik
E. Memperkuat keterlibatan siswa dalam aktivitas sekolah
Jawaban: E
6. Tahap salah satu dalam proses belajar menggunakan metode CRT merupakan penentuan identitas pengajar. Di bagian ini ditargetkan bahwa...
A. Siswa diperkenalkan dengan identitas budaya orang lain serta diarahkan untuk memahami arti dari hal tersebut.
B. Peserta didik diperkenalkan pada identitas budaya masyarakat lain serta diminta membandingkannya dengan budayanya sendiri.
C. Peserta didik diundang untuk memahami identitas budaya oranglain dan mencerminkan kembali hubungannya dengan sifat-sifat diri mereka sendiri.
D. Siswa diperkenalkan pada identitas budaya mereka sendiri yang terkait dengan bahan pelajaran yang akan dibahas.
E. Para peserta didik diajak untuk memahami identitas budayanya masing-masing yang berhubungan dengan budaya negerinya.
Jawaban: D
7. Di sebuah pertemuan, siswa-siswa Bpk. Widi begitu bergairah saat mengevaluasi hasil diskusi tentang kebudayaan sejalan dengan materi pelajaran mereka. Akan tetapi, Bpk. Widi juga sadar bahwa ia harus ikut ambil bagian dalam dialog itu untuk mencegah proses belajar tersibak dari tujuannya. Oleh karena itu, posisi Bpk. Widi bisa menjadi.....
A. Motivator
B. Fasilitator
C. Pendamping
D. Instruktur
E. Pengambil kesimpulan
Jawaban: B
8. Bapak Rafi saat ini tengah menerapkan metode pembelajaran CRT di ruangan kelasnya. Murid-muridnya bingung dalam menghubungkan hubungan antara topik pelajaran mereka dan budaya mereka sendiri. Yang bisa dilakukan oleh Bapak Rafi ialah.....
A. Mengharapkan agar para siswa bekerja sama dan mengumpulkan data dari beragam referensi
B. Mengharapkan agar para siswa mencoba menyelesaikan masalah tersebut setahap demi setahap
C. Mengharuskan para peserta didik untuk menemukan jawabannya di dalam buku pelajaran
D. Mengharuskan para siswa untuk mendapatkan jawaban dari anggota masyarakat sekitar sekolah dengan melakukan wawancara.
E. Mengharapkan agar para siswa membahas sendiri dan jika permasalahan masih belum terselesaikan, baru memberi solusinya secara langsung.
Jawaban: A
9. Daffa merupakan siswa berasal dari Kalimantan. Ia menemani kedua orangtuanya dalam pindahan ke Bandung. Sebagian besar teman satu kelasnya berasal suku Sunda. Daffa merasa sulit beradaptasi akibat adanya perbedaan budaya. Di antara opsi dibawah ini, mana yang tidak termasuk langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh sang guru guna mendukung Daffa?
A. Mengembangkan ikatan rasa hormat bersama di antara para siswa terlepas dari kondisi atau latar belakang mereka
B. Menyajikan sikap yang hangat agar Daffa merasa terbantu dan rileks
C. Menyampaikan ucapan selamat sambut yang positif baik oleh para siswa maupun guru
D. Menyemangati Daffa supaya ia tidak merasa kurang percaya diri ketika berada di depan kawank-kawananya
E. Menyediakan les bahasa daerah ekstra tanpa biaya untuk membantu Daffa memperbaiki prestasi belajarnya.
Jawaban: E
10. Ibu Asri merupakan pengajar bahasa Inggris. Pada hari ini, Ibu Asri berkeinginan agar murid-muridnya bisa menceritakan sesuatu mengenai kuliner khas negeri mereka sambil memakai bahasa Inggris. Aktivitas yang tidak boleh dijalankan oleh Bu Asri, ialah....
A. Memperkenalkan penjaja makanan lokal khas sebagai sumber inspirasi bagi siswa dalam mengarang cerita
B. Menampilkan beragam jenis hidangan lokal dan selanjutnya mengharuskan peserta didik untuk memilih satu di antaranya guna menjadi subjek dari sebuah cerita
C. Mendorong peserta didik untuk menciptkan narasi berdasarkan pembuatan masakan tradisional
D. Mengharuskan peserta didik untuk mengumpulkan data seputar masakan lokal dari beragam referensi guna menyusun sebuah narasi
E. Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita
Jawaban: C
(MasRizky/Oktavia WW)
Post a Comment