Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang Sekolah Dasar menjelma menjadi ajang prestisius yang diramaikan oleh para pelajar teladan dari seluruh tanah air Indonesia. Pada kejuaraan tersebut, anak-anak cerdas itu dites kemahirannya dalam bermacam-macam disiplin ilmu melalui serangkaian pertanyaan variatif.
Siswa yang ingin ikut serta dalam OSN bisa melatih diri dengan mengerjakan soal-soal di bawah ini. Kumpulan pertanyaan yang diberikan menyinggung banyak tema; pada bagian ini akan dibahas beberapa hal terkait tersebut. Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional SD Bidang Ilmu Pengetahuan Alam , dilengkapi dengan kunci jawabannya.
1. Soal OSN SD

1. Apabila dipotong bagian ujung tunas tumbuhan, dampak yang timbul pada pertumbuhan tumbuhan serta luas permukaan daun akan menjadi...
A. Pertumbuhan tanaman menjadi lebih tinggi sementara luas area daun akan mengecil
B. Tanaman menjadi pendek dengan peningkatan luas area daun yang lebih lebar
C. Tanaman tumbuh lebat dengan peningkatan luas permukaan daun yang signifikan
D. Tanaman tumbuh lebat sehingga luas permukaan daun akan berkurang
Jawaban: C
2. Adanya tonjolan-usus bertambahnya luas permukaan di bagian usus halus itu memberikan manfaat dalam mendukung proses...
A. Absorbsi
B. Sekresi
C. Eksresi
D. Filtrasi
Jawaban: A
3. Klasifikasi primata pada masa kini didasarkan pada bentuk hidung, susunan gigi, serta konfigurasi mata. Dari grup primata di bawah ini, tentukan mana yang tergolong paling awal berkembang...
A. Tarsius
B. Monyet
C. Kukang
D. Lutung
Jawaban: C
4. Di bawah ini, istilah yang paling dekat untuk menggambarkan interaksi antara tanaman dan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan adalah...
A. Mutualisme
B. Komensalisme
C. Predasi
D. Parasitisme
Jawaban: C
5. Di bawah ini terdapat hewan-hewan yang sering dipakai untuk studi tentang genetika serta perkembangannya, kecuali...
A. Cacing gilik
B. Lalat buah
C. Mencit
D. Lebah
Jawaban: D
2. Soal Kompetisi Olimpiade Sains Nasional untuk Sekolah Dasar beserta Jawabannya yang Benar

1. Erna berencana untuk mengkaji pengaruh ragam pupuk terhadap perkembangan tumbuhan. Untuk itu, dia menjalankan suatu studi. Poin-poin di bawah ini perlu diseragamkan dalam tiap kelompok percobaan, kecuali...
A. Jumlah pupuk
B. Bahan pupuk
C. Jenis tanaman
D. Volume pupuk
Jawaban: B
2. Berikut ini yang tidak termasuk buah yang bisa diperas adalah...
A. Alpukat
B. Mangga
C. Melon
D. Pisang
Jawaban: C
3. DNA dalam sel tanaman yang memiliki struktur serupa dengan plasmida dari bakteri terdapat di bagian...
A. Nukleus
B. Vakuola
C. Mitokondria
D. Peroksisom
Jawaban: C
4. Kendaraan A dan B melaju dengan kecepatan rata-rata berturut-turut 30 km/jam dan 40 km/jam. Mereka berangkat dari Jakarta menuju Bandung yang jaraknya 120 km pada jam 13:00. Bersamaan dengannya, kendaraan C juga melakukan perjalanan serupa. Kecepatan rata-rata kendaraan C kurang dari milik B namun melebihi milik A. Jam tiba terbaik untuk kendaraan C di Bandung yaitu...
A. 15.30
B. 16.30
C. 17.30
D. 18.30
Jawaban: B
5. Perahu tersebut terseret oleh aliran sungai sejauh 100 meter selama 50 detik. Kemudian, ketika perahu melaju dengan kecepatan v searah arus sungai, ia hanya membutuhkan waktu 20 detik untuk menempuh jarak serupa. Lalu, berapa lama waktu yang diperlukan bagi perahu itu untuk menyelesaikan jarak 100 meter saat melawan arus sungai dengan kecepatannya v?
A. 200 detik
B. 100 detik
C. 70 detik
D. 30 detik
Jawaban: B
3. Pelajar bisa mengkaji beragam kisi-kisi ujian

1. Sebuah lalat awalnya terletak sejauh 10 meter dari sebuah cermin rata. Kemudian, lalat itu mulai terbang menuju cermin dengan laju 2 meter per detik. Pada saat ketiga ini, jarak antara lalat dan pantulannya adalah ...
A. 4m
B. 6m
C. 8m
D. 12m
Jawaban: C
2. Ketika menjelajahi bulan, seorang astronot menyaksikan sebuah meteor mendarat di tempat yang terletak 5 kilometer jauhnya darinya. Ia bisa memperhatikan secara detail kejadian itu tetapi tak mendengarkan bunyi impact meteor menabrak permukaan bulan. Alasannya bahwa astronot tidak mendengar suara tersebut karena...
A. Bunyi adalah gelombang mekanik yang memerlukan suatu media agar dapat berpropagasi
Bunyi adalah gelombang elektromagnetik yang perlu melalui suatu medium agar dapat menyebar.
C. Bunyi adalah gelombang transversal yang tak perlu medium untuk bergerak propagate.
D. bunyi merupakan gelombang longitudinal yang tidak membutuhkan medium untuk merambat
3. Air yang dipanasakan oleh Budi mencapai titik didih sebesar 100 derajat Celsius. Ia kemudian mengawasi proses perebusan tersebut selama dua menit. Kebacaaan termometer saat itu tetap di angka...
A. Mengalami kenaikan
B. Tetap sama
C. Meningkat lalu stabil
D. Menderita peningkatan lalu menurun lagi
Jawaban: B
4. Bila tanaman teh tidak diatur dengan memotong ujung pangkalannya, hasil yang timbul dari tanaman itu ialah...
A. Kuantitas dari tunas sampingnya cukup terbatas.
B. Dominasi apikal tidak terjadi
C. Kerja hormon giberelin terhambat
D. Jumlah percabangan pada batang meningkat
Jawaban: A
5. Di antara hewan-hewan di bawah ini, yang dipakai sebagai binatang kontrol dalam studi pertumbuhan embrio manusia adalah...
A. Udang
B. Bulu babi
C. Planaria
D. Ubur-ubur
Jawaban: B
Contoh soal OSN SD Di atas bisa dijadikan materi latihan sebelum turun ke lapangan dalam lomba antar sekolah. Mudah-mudahan ini akan sangat berguna serta membantu untuk berkompetisi dengan optimal.
Post a Comment